Pages

Thursday, June 29, 2006

Bagaimana Pola Pelipatan Protein?

Tau ga, protein (yang katanya penting), dibentuk oleh kombinasi 20 macam asam amino yang berbeda. Pola-pola bergandengan asam2 amino tersebut bisa bermacam-macam. Ada banyak kombinasi yang bisa terbentuk. Anyway, satu fenomena di dalam dunia protein-perproteinan, yang tidak kunjung mampu dijawab oleh manusia sampai saat ini adalah fenomena pola lipat-melipat. Protein, khususnya enzim, melipat dan membentuk suatu daerah yang dinamakan “active site domain”. Kenapa dinamakan active site? Karena orang meyakini bahwa daerah ini memiliki fungsi spesifik yang mengaktifasi atau menon-aktifasi reaksi-reaksi tertentu.

Struktur2 protein, dari yang linear sampe yang nglipet-lipet

Ga ngerti? Sama. Saya juga ga terlalu ngerti kok. Cuma karena disuruh baca sesuatu sama sensei, mau ga mau harus mencoba dan memaksakan diri untuk mengerti (yang sampai sejauh ini belum berhasil aja). Yang jelas, sekali lagi, sudah cukup lama orang berkutat mempelajari si protein. Perlu diketahui seluruh proses pembentukan tubuh kita dibantu oleh protein. Protein lah yang diyakini sebagai hasil akhir dari proses penterjemahan gen. Proses pembentukan hidung anda yang mancung, mata anda yang sipit, kulit anda yang coklat, dll, semua adalah campur tangan si protein (dan Tuhan juga tentunya).

Sesuai dengan judul, balik lagi ke fenomena lipat melipat di dalam struktur protein. Fenomena ini sudah diteliti selama kurang lebih 25 tahun lamanya. Tapi orang tetep ga tau dan ga bisa memprediksi pola pelipatan protein. Jadi suka-suka dia aja mau melipat kayak bagaimana…Walaupun sekarang fenomena ini belum mampu dijelaskan, suatu saat nanti, kemungkinan besar manusia akan bisa menjawab bagaimana pola fenomena ini terjadi (manusia gitu loh).

Setelah nanti si bang orang tahu gimana pola si protein melipat, apakah umat manusia akan menjadi lebih bahagia???

BTW, setelah baca ini, jadi tahu ga jawaban dari pertanyaan yang sekaligus jadi judul di atas?? Hehe....

5 comments:

mumun said...

karena kalo belajar gituan (hehehehe) ... kita bisa mengerti alamnya penyakit dan kemudian bisa disembuhkan...

Fendrri said...

betul juga mun. jawaban dari satu pertanyaan bisa macem macem lho...

arifin said...

pernah belajar di matakuliah biokimia..soal folding-unfolding etc..tp geus poho deui euy =D

l r s said...

yang paling menyenangkan adalah kalo DNA adalah CD yg isinya bank data, kenapa bisa ngeprint data-data protein yang berbeda di tiap tempat kaya idung, bulu kaki, ginjal ato darah. Tanpa salah lipet proteinnya (kalo bukan mutan~). Sistem apa sih yang ngatur itu?

seneng banget deh ngulik kaya ginian~ bagi2 dong ilmunya ompepen :D

salam untuk protein kuartener manis yang banyak sambungan gula di badannya. hehehe.

Fendrri said...

hemm hemm. mungkin kamulebih jago dariku laras...